Welcome to my blog temans.... Jangan lupa tinggalkan comment yaa...

Melatih hafidz makan sendiri - hari pertama

Jumat, 24 Februari 2017


Hafidz (13 mo) saat ini sedang semangat-semangatnya belajar makan. Terbukti setiap kali makan ia ingin bagiannya sendiri untuk dia makan sendiri, walaupun kadang masih belum bisa fokus menghabiskan makannya. Oleh karena itu, momen ini saya manfaatkan untuk penugasan kuliah bunda sayang iip, melatih kemandirian anak.

Pagi ini hafidz makan buah pepaya sendiri, namun tidak dia habiskan karena konsentrasinya terpecah. Bunda terburu-buru mengeluarkan menu sarapannya. Catatan untuk bunda agar tidak mengganggu konsentrasi hafidz ketika makan.

Menu sarapannya hafidz nasi, sayur asem, dadar jagung, dan ati ayam. Bunda menyediakan 3 tempat makan untuk hafidz. 1 untuk tempat sayur, 1 untuk tempat makanan kering agar hafidz mudah memakannya menggunakan tangan, 1 untuk tempat nasi. Nasinya dikepal bentuk bulat-bulat kecil agar hafidz mudah mengambilnya menggunakan tangan.

Ternyata hafidz lebih memilih menggunakan sendok. Dan tempat makan yang dia pilih adalah yang berisi sayur asem. Yang lain tidak ia sentuh. Awalnya hafidz hanya mengaduk-ngaduk sayur asemnya. Namun, setelah bunda memasukkan nasi dan lauk kering ke sayur asem, ia jadi mau menyendok dan memasukkannya ke mulut.

Proses menyendok dan memasukkan ke mulutnya ternyata tidak lama, karena setelah itu ia malah bermain memindahkan makanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Akhirnya bunda menyingkirkan tempat nasi dan tempat lauk kering agar hafidz bisa fokus menyendok makanannya. Ternyata hafidz malah mendatangi bunda dan minta nenen. Jadi selesai lah sarapan hafidz pagi tadi.

Siang harinya bunda mengganti cara makannya hafidz. Menu makannya hafidz semur daging, nasi, kentang, tahu bakso, dan dadar jagung. Piring yang bunda berikan ke hafidz berisi dadar jagung, kentang, dan tahu bakso. Yang di bawa bunda nasi dan semur daging.

Karena pagi tadi makanan yang masuk tidak terlalu banyak, maka makan siang kali ini hafidz lumayan lahap memakan makanannya. Dadar jagung dan tahu baksonya ludes ia makan. Sambil sesekali bunda menyuapi nasi dan semur daging. Kentangnya tidak ia makan. Mungkin karena potongannya yang tidak ramah digenggam. Akhirnya kentangnya disuapin bunda dan habis. Yang tersisa hanya nasi & semur daging yang sudah berkurang separuhnya. Alhamdulillah. Makan siang kali ini lumayan lancar.

Makan malamnya menunya perpaduan nasi, sayur asem, dadar jagung, tahu bakso, bihun goreng. Bunda memberikan piring yang berisi bihun goreng kepada hafidz. Hafidz bersemangat makan bihun goreng, walaupun makanannya tercecer dimana-mana. Evaluasi bunda, bihun gorengnya seharusnya dipotong agak pendek agar memudahkan hafidz makan. Kalau terlalu panjang dia sering kali melepehnya. Makan malam kali ini dia tidak terlalu fokus karena mbah utinya sudah di rumah jadi ia bolak-balik jalan ke dapur. Tidak menyelesaikan makanannya. Akhirnya bunda menyuapi makanannya hafidz karena makan sendirinya sudah tidak kondusif lagi.

Evaluasi hari ini secara umum adalah sangat penting untuk menjaga fokus dan konsentrasinya hafidz saat makan agar ia bisa menyelesaikan makanannya. Semoga hari-hari selanjutnya bisa lebih baik dan hafidz akhirnya bisa makan sendiri. Aamiin Yaa Rabb.

#Level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

#ODOPfor99days
#day15

0 comments:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Clock

About Me

Foto saya
I am balancing person... Trying to keep all of things in my life balance.. Now I'm trying to make my life more useful to others by learning and sharing more, earning and giving more.

networkedblogs

© 2010 Keep Balancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls