Welcome to my blog temans.... Jangan lupa tinggalkan comment yaa...

Think creative, Bunda (2)

Senin, 06 November 2017


Membersamai anak yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi itu cukup menantang. Kita harus bisa "Tarik ulur". Ketika ia sedang bersemangat mengeksplorasi kita harus memilah apakah kegiatan tersebut aman atau membahayakan keselamatan mereka.

Setelah berkontemplasi, saya menyadari bahwa selama ini kami lebih banyak protektif terhadap hafidz. Saya sendiri takut kalau terjadi sesuatu yang membahayakan ketika hafidz bereksplorasi, sehingga kami mematikan kreativitasnya tanpa kami sadari.

Tadi pagi di stasiun tawang ketika hendak naik kereta api menuju ke surabaya, hafidz menarik tangan saya mengajak saya berjalan. Sambil menggendong izzah adiknya, saya mengikuti kemauan hafidz. Ayahnya sempat mengingatkan "Duduk sini saja gak usah jalan-jalan". Tapi saya tetap mengikuti kemana hafidz menarik saya. Ia berjalan ke arah ujung kereta api bagian belakang. Saya tidak tahu apa yang diinginkan hafidz. Setelah sampai di ujung saya membujuknya untuk kembali ke tempat ayah. Akhirnya hafidz mengikuti kemauan saya. Setelah sampai ke tempat duduk ayahnya ternyata ia tidak mau berhenti. Ia terus berjalan hingga sampai ke ujung kereta api paling depan, yaitu lokomotif. Disitu ia menunjuk-nunjuk lokomotifnya.

Yaa Allah, ternyata hafidz mengajak saya untuk mencari lokomotif kereta apinya. Dia ingin tau wujud aslinya lokomotif. Selama ini ia hanya tau sekilas ketika kereta api lewat atau melalui mainan kereta apinya atau gambar lokomotif di bukunya. Saya memanfaatkan momen tersebut untuk menjelaskan kepada hafidz tentang lokomotif. Saya sempat membayangkan apabila saya tidak mau mengikuti kemana hafidz pergi dan memaksanya untuk duduk, pasti ia tidak akan melihat secara langsung dari dekat apa itu lokomotif.

Dari pengalaman ini saya belajar untuk memberikan ruang bagi hafidz untuk melihat hal-hal baru, untuk mengasah kreativitasnya, untuk memuaskan keingintahuannya. Selama tidak membahayakan, kenapa tidak. Sudah menjadi kewajiban bagi kami orang tuanya untuk membersamai perkembangan anak-anak kami. Mohon bimbinglah kami Yaa Rabb...

#Tantangan10hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative

0 comments:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Clock

About Me

Foto saya
I am balancing person... Trying to keep all of things in my life balance.. Now I'm trying to make my life more useful to others by learning and sharing more, earning and giving more.

networkedblogs

© 2010 Keep Balancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls