Welcome to my blog temans.... Jangan lupa tinggalkan comment yaa...

Memahami Gaya Belajar Anak (4)

Selasa, 25 April 2017

Kemarin kami berkesempatan mengajak hafidz ke kebun binatang. Di kebun binatang, hafidz bisa melihat secara langsung hewan-hewan yang selama ini hanya ia lihat lewat buku dan HP. Dengan melihat secara langsung hewan-hewan tersebut sekaligus merangsang panca indranya untuk memproses informasi dan secara tidak langsung hafidz bisa belajar dengan menggunakan visual, audio, maupun kinestetik.

Melihat luasnya kebun binatang surabaya hafidz langsung ingin berjalan untuk mengeksplor apa yang ada di dalamnya. Hafidz sangat menyukai tempat yang luas agar ia bisa bebas berjalan, berlari, bereksplorasi tanpa terbatasi ruang.

Pertama kali ia melihat burung di kandang-kandang yang tinggi dan besar. Dia excited sekali. Setiap burung seakan-akan ia sapa satu persatu dengan ocehannya dan gesture tubuhnya.

Kemudian di kandang jerapah, ia terkagum ternyata jerapah itu tinggi sekali. Tidak seperti gambar di buku. Ia jadi tau ukuran aslinya jerapah. Begitupula di kandang gajah. Dia heran ternyata gajah itu besar sekali.

Hafidz alhamdulillah berkesempatan melihat secara langsung rusa yg sering ia baca lewat buku, atau ia lihat di wall sticker di dinding. Hafid tidak hanya ingin melihat, namun juga memegang rusa tersebut. Namun, kami cegah takut nanti hafidz digigit.

Hafidz juga berkesempatan naik kereta yang ditarik oleh unta. Dia dari awal memperhatikan kereta tersebut dan menunjukkan keinginan untuk menaikinya. Setelah naik kereta, hafidz penasaran ingin memegang unta. Akhirnya kami berikan kesempatan ia untuk memegang unta. Hafidz senang sekali.

Dari pengalaman di kebun binatang tersebut, saya semakin yakin bahwa gaya belajar hafidz itu kinestetik. Dia ingin memegang, merasakan, dan menjalani secara langsung pengalaman-pengalamannya.

#Tantangan10hari
#level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP


0 comments:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Clock

About Me

Foto saya
I am balancing person... Trying to keep all of things in my life balance.. Now I'm trying to make my life more useful to others by learning and sharing more, earning and giving more.

networkedblogs

© 2010 Keep Balancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls