Welcome to my blog temans.... Jangan lupa tinggalkan comment yaa...

Berkomunikasi dengan anak yang sedang sakit

Minggu, 29 Januari 2017


Kemarin anak saya, hafidz, demam tinggi sampai 41°C. Seharian rewel dan menangis terus. Yang biasanya bisa diajak berkomunikasi, walaupun dia hanya menjawab dengan gesture tubuhnya karena belum bisa berbicara kali ini tidak bisa diajak berkomunikasi. Hanya menangis & rewel kalau tidak sesuai dengan apa yang dia maksud.

Keadaan seperti ini adalah sebuah tantangan yang harus saya taklukkan. Kemudian saya berfikir jika bahasa tubuh adalah yang paling berpengaruh dalam suatu komunikasi, maka  bahasa tubuh yang penuh kasih dari seorang ibu yang tulus pasti akan sampai ke anak kita.

Dengan sabar saya menyusuinya walaupun dengan berganti-ganti posisi sesuai keinginannya dengan keadaan skin to skin. Saya mendoakannya setiap saat sambil mengecup kepalanya dan mengelus badannya yang hangat. Akhirnya hafidz pun bisa tertidur pulas setelah seharian kurang istirahat sampai matanya terlihat sembab. Alhamdulillah malam harinya panasnya turun menjadi 37,7°C.

Anak sakit adalah suatu tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Mau disikapi dengan panik atau dengan tenang dan penuh kesabaran. Keadaan emosi anak pun juga dipengaruhi oleh emosi orang tuanya. Jadi, bijaklah dalam bertindak.

#Hari2
#Tantangan10hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP

#ODOPfor99days
#ODOPday5

0 comments:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Clock

About Me

Foto saya
I am balancing person... Trying to keep all of things in my life balance.. Now I'm trying to make my life more useful to others by learning and sharing more, earning and giving more.

networkedblogs

© 2010 Keep Balancing Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls